Pemanfaatan Hotspot Area

Labels: ,

Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti perubahan jaman.Teknologi informasi akan memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran.
Hal ini terkait dengan semakin tingginya kebutuhan informasi, ilmu pengetahuandan teknologi yang tidak semuanya diperoleh dalam lingkungan sekolah. Sekolah-sekolah sudah seharusnya memberikan layanan berupa teknologi seperti koneksi internet agar siswa dapat mendalami ilmu yang didapatkan dengan didukung kemampuan untuk mendapatkan informasi tambahan di internet

Sekolah harus memberikan sarana kepada siswanya agar dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi tersebut. Contoh saja, seperti di sekolah saya yaitu SMA Negeri 1 Bangkalan yang memiliki hotspot area untuk warga sekolah.
Berlatarkan akan pentingnya penggunaan internet sebagai media tukar menukar informasi. Baik antar sesama warga sekolah atau antar  sekolah. akhirnya memunculkan sebuah gagasan melalui tim pengembang smansaba untuk menyediakan fasilitas wifi di sekolah. Dengan adanya hotspot inilah siswa dan guru dapat dengan mudah mencari informasi tambahan yang tidak ada di buku paket atau referensi di perpustakaan.


Dalam kurun waktu 1 tahun lebih, kualitas jaringan wifi di SMANSABA semakin membaik. Pada awalnya, sinyal hanya dapat diakses disekitar Laboratorium komputer. Kelas di bagian selatan dan barat harus gigit jari karena tidak dapat menikmati fasilitas langsung dari kelasnya. Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya kualitas jaringan dapat ditingkatkan. Semua siswa dari sudut kelas manapun sekarang sudah dapat nge-net gratis. 

Penggunaan wifi di smansaba hanya dibatasi hingga sore saja. Dalam keadaan tertentu, seperti ada acara lemburannya anak OSIS, wifi dinyalakan sampai malam hari, bahkan non-stop.

Dalam pemanfaatan
teknologi informasi diharapkan tingkat daya pikir serta kreatifitas guru dan siswa dapat berkembang dengan pesat

2 comments:

  1. Abdina said...:

    Di jaman modern seperti ini, sekolah seharusnya sudah menggunakan teknologi berbasis internet

  1. Unknown said...:

    dijaman moderen harus mengunakan teknologi g kyk dl

Post a Comment