Manajemen Sistem Informasi Pada Perpustakaan Sekolah

Labels: ,

Pak Taufik, Petugas Perpus Smansaba
Terkait dengan semakin tingginya kebutuhan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak semuanya diperoleh dalam lingkungan sekolah. Peran perpustakaan sekolah sangat penting untuk menjadi tempat sumbernya ilmu. Seorang guru akan dengan mudah mencari bahan – bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya, seoarang siswa dapat mendalami ilmu yang didapatkan dengan didukung kemampuan untuk mencari informasi tambahan informasi yang didapat dari perpustakaan sekolah. 

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, perpustakaan harus menyediakan pelayanan berbagai informasi dan berusaha mengembangkan perpustakaan tersebut serta mempertemukan antara pengguna dengan informasi yang dibutuhkan dan tersedia. Pada jaman serba modern seperti ini, perpustakaan sekolah pada umumnya sekarang sudah menggunakan sistem informasi berupa database. Database merupakan media penyimpanan data. 

Seperti di sekolah kami yaitu SMAN 1 Bangkalan, yang menyimpan data-data buku yang tertat rapi di lemari sana. Data itu disimpan dalam hardisk computer menggunakan software tertentu. Selain data buku, data siswa yang meminjampun di-input disana. sekarang apa manfaat yang dapat kita dapatkan dari penggunaan database itu?
1. Management pengolahan perpustakaan lebih terarah dan tertata rapi 
2. Memudahkan pendataan jumlah buku. Jadi, kalau ada buku yang hilang bisa cepet – cepet tahu Karena setiap 2 minggu pak taufik mengadakan pengontrolan 
3. Memmudahkan pendataan siswa yang meminjam buku. Jadi kamu yang kartu perpusnya hilang, masih bisa meminjam buku karena datanya ada di database 
4. Tidak perlu susah – susah mencatat. Belum lagi buku catatannya. 
5. Lebih simple. Karena data diolah di MS.Excel yang notaben-nya memiliki form ( rumus ) untuk mengolah data angka. Jadi lebih praktis.

1 comments:

  1. Madura said...:

    keren bro, patut menjadi contoh perpustakaan sekolah-sekolah lainnya :)

Post a Comment